Investasi Cina di Sektor Fintech Indonesia

Pink Flowers

Authors

Girl with Backpack

Ajisatria Suleiman

Girl with Backpack

Terlepas dari besarnya ketimpangan data yang menyulitkan perhitungan yang akurat, namun tetap bisa diasumsikan bahwa penanaman modal asing Cina di Indonesia telah bertumbuh secara signifikan. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan bahwa Indonesia menerima 2,7 miliar dolar penanaman modal asing dari Cina di tahun 2016.

Makalah ini menganalisis investasi Cina di sektor financial technology (fintech) di Indonesia, dari mulai sistem pembayaran hingga pinjaman uang (lending) dan pengelolaan kekayaan. Pembahasan dalam makalah ini secara spesifik akan membahas fintech lending yang dijalankan oleh investor Cina dan mitra lokalnya, yang kini tengah menjadi sumber kontroversi di Indonesia.

Tulisan ini juga mengelaborasi tentang bagaimana para investor Cina merespon iklim regulasi di Indonesia yang kerap berkembang dan menanggapi perdebatan domestik mengenai intensi dan struktur investor Cina di sektor fintech Indonesia, serta membandingkan perdebatan tersebut dengan situasi penanaman modal asing (PMA) Cina di Indonesia yang sebenarnya.

Other Publications