Dampak Negatif Penetapan RUU Larangan Minuman Beralkohol terhadap Kesehatan dan Keselamatan Masyarakat Indonesia: Sebuah Kajian di Enam Kota

Pink Flowers

Authors

Girl with Backpack

Rofi Uddarojat

Girl with Backpack

Konsumsi minuman beralkohol dianggap sebagai suatu kegiatan yang membahayakan bagi kesehatan. Kondisi intoksikasi akibat minuman beralkohol (mabuk) dianggap sebagai suatu hal yang buruk dan menjadi sumber penyakit masyarakat. Oleh karena itu, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sedang mendiskusikan Rancangan Undang Undang yang bertujuan untuk menghapus produksi, distribusi dan konsumsi minuman beralkohol di sebagian besar wilayah di Indonesia. Namun, larangan ini justru memfasilitasi tumbuhnya pasar gelap.

Kurangnya akses terhadap minuman beralkohol yang legal (recorded alcohol) justru menguatkan keinginan konsumen di Indonesia untuk mendapatkan minuman keras yang lebih kuat dan racikan minuman keras yang sangat berbahaya, yang disebut dengan oplosan. Kajian ini merekomendasikan bahwa tarif impor dan cukai harus diturunkan sehingga minuman beralkohol yang legal dan aman dikonsumsi menjadi lebih terjangkau. Selain itu, konsumen pun dapat terhindar dari dorongan untuk membeli alkohol ilegal yang berbahaya.

Girl with Backpack

Other Publications