top of page

Fri, Oct 27

|

Zoom & YouTube

Pentingnya Transisi Sistem Pertanian Pangan Berkelanjutan di Indonesia

Yuk, daftar sekarang!

Registration is closed
See other events
Pentingnya Transisi Sistem Pertanian Pangan Berkelanjutan di Indonesia
Pentingnya Transisi Sistem Pertanian Pangan Berkelanjutan di Indonesia

Time & Location

Oct 27, 2023, 2:30 PM – 4:00 PM GMT+7

Zoom & YouTube

About the event

Pertumbuhan pertanian telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengentasan kemiskinan dan transformasi ekonomi di Indonesia. Meskipun sektor kontribusi sektor ini terhadap produk domestik bruto telah menurun menjadi 13% pada tahun 2019, Sektor pertanian masih menyumbang sekitar sepertiga lapangan kerja di Indonesia. Sektor pertanian juga memiliki peran penting atas sekitar setengah dari pengurangan kemiskinan ekstrem (USD 1,9 perhari) dari tahun 200 hingga 2021. Untuk itu, mencapai tujuan ambisiusnya dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem, meningkatkan produktivitas pertanian, dan mencapai emisi karbon nol, Indonesia perlu melakukan transisi ke sistem pertanian pangan yang lebih berkelanjutan.  

Strategi yang ada saat ini untuk memperbaiki sistem pertanian pangan di Indonesia tidak lagi berkelanjutan atau efektif. Sektor ini telah menjadi kontributor sekaligus korban perubahan iklim. Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini Indonesia memerlukan transisi ke sistem pertanian yang lebih berkelanjutan guna mencapai komitmen iklim Indonesia dan memitigasi dampak perubahan iklim terhadap petani dan nelayan.  

Bergabunglah untuk mengetahui perihal Sistem Pertanian yang Lebih Berkelanjutan di Indonesia bersama para pakar!

Narasumber :

  • Prof. Dr. Ir Sahat Marulitua Pasaribu, M.Eng,  - Peneliti Utama, Pusat Riset Ekonomi Industri, Jasa, dan Perdagangan, Badan Riset dan Inovasi Nasional
  • Ni’matul Khasanah -  Peneliti Senior, Center for International Forestry Research - International Centre for Research in Agroforestry (CIFOR - ICRAF)
  • Muhammad Nuruddin - Sekretaris Jenderal, Aliansi Petani Indonesia
  • Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc., - Guru Besar Ilmu Ekonomi Pertanian, Universitas Lampung

Share this event

bottom of page