• ekytriwulan7

Peran Serikat Pekerja Harus Ditingkatkan

SIARAN PERS

Kontak Media: 08111088100 (Vera)


21 September 2018 – JAKARTA, Peran serikat pekerja penting dan harus ditingkatkan. Kehadiran serikat pekerja diharapkan bisa menjadi wadah aspirasi untuk pekerja dan membantu terciptanya hubungan yang harmonis antara pekerja dengan pengusaha.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Imelda Freddy mengatakan, serikat pekerja dibentuk secara demokratis oleh pekerja, dari pekerja dan untuk pekerja. Undang-Undang (UU) nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja / Serikat Buruh mengatur hak para pekerja untuk membentuk serikat pekerja.


Serikat pekerja yang berfungsi dengan baik harus dapat mengayomi, melindungi dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Secara tidak langsung, serikat pekerja pun menjadi mediator antara pekerja dan industri. Serikat pekerja yang melakukan negosiasi dengan perusahaan untuk mendapatkan solusi.


Imelda menjelaskan, idealnya serikat pekerja dapat berfungsi di segala situasi. Tidak hanya pada saat konflik, serikat pekerja harus dapat menyampaikan aspirasi para anggotanya untuk mendapatkan jalan keluar yang tidak merugikan kepentingan kedua pihak.


Permasalahan yang menghadapi serikat pekerja ini cukup kompleks karena ada banyak faktor yang melatarbelakangi fungsi dan kinerja dari serikat pekerja. Misalnya saja tekanan dan ancaman kepada para pekerja sehingga mereka tidak bisa bebas menyuarakan aspirasinya. Permasalahan lainnya adalah kurangnya dukungan dari rekan-rekan pekerja yang disebabkan oleh sikap apatis atau arah serikat pekerja yang tidak sesuai dengan aspirasi mereka.


“Pada dasarnya perusahan tidak boleh menghalang-halangi ketika serikat pekerja berusaha untuk menyampaikan aspirasinya. Hal itu pun sebenarnya sudah diatur didalam UU. Jika memang perusahaan merasa dirugikan dengan tuntutan-tuntutan dari serikat, sebenarnya hal tersebut dapat di komunikasikan dan jangan langsung menutup pintu terhadap jalur dialog dengan serikat,” tegasnya.


Salah satu kunci agar perusahaan dapat beroperasi dengan baik adalah ketika perusahaan menganggap pekerjanya sebagai asset yang harus dijaga dan dipelihara dan bukan sebagai liability yang membebani perusahaan. Cara berpikir yang seperti ini tentu akan sangat memengaruhi perlakuan perusahaan kepada para pekerja.

Contact

+62 21 227 69 233

Jalan Terogong Raya No. 6B 

Cilandak

Jakarta Selatan 12430

Indonesia

follow US!
  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon
Center for Indonesian Policy Studies is officially registered
under the name Yayasan Cipta Sentosa 

© 2019 Center for Indonesian Policy Studies