• ekytriwulan7

Peningkatan Produktivitas Pangan Tidak Hanya Butuh Perluasan Lahan

SIARAN PERS

Kontak Media: 08111088100 (Vera)


15 Agustus 2018 – JAKARTA, Peningkatan produktivitas pangan sering dikaitkan dengan wacana perluasan lahan pertanian. Padahal perluasan lahan bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Perluasan lahan pertanian justru sulit dilakukan karena jumlah penduduk yang terus meningkat. Jumlah penduduk yang bertambah idealnya diikuti dengan kemampuan lahan pertanian untuk menyediakan pangan untuk mereka.


Kepala Penelitian Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Hizkia Respatiadi mengatakan, hal lain yang menyebabkan perluasan lahan pertanian menjadi sulit adalah gencarnya industrialisasi dan pembangunan infrastruktur. Industrialisasi dan pembangunan infrastruktur tidak jarang harus mengorbankan lahan pertanian.


“Pemerintah sebaiknya fokus pada peningkatkan efisiensi lahan yang sudah ada, peningkatan kapasitas petani dan revitalisasi alat pertanian serta pabrik-pabrik yang sudah tua. Hal ini lebih efektif ketimbang perluasan lahan,” jelas Hizkia.


Peningkatan kapasitas petani dapat dilakukan dengan mengadakan pelatihan, memberikan penyuluhan dan bimbingan soal penggunaan alat-alat pertanian yang lebih efisien dan pembaharuan metode tanam. Revitalisasi alat pertanian dan pabrik juga penting dilakukan karena hal ini sangat memengaruhi produktivitas pangan. Untuk itu, lanjut Hizkia, pemerintah seharusnya melakukan pemeriksaan dan perbaikan alat secara berkala untuk meminimalkan biaya yang dikeluarkan. Pabrik-pabrik, seperti pabrik gula, di Indonesia umumnya sudah berproduksi sejak zaman Belanda dan belum banyak direvitalisasi hingga kini.


Diversifikasi pangan bisa menjadi pilihan daripada hanya fokus pada satu jenis komoditas pangan saja. Namun diversifikasi pangan tidak akan terwujud kalau pemerintah tetap menjadikan swasembada sebagai tujuan utama. Hal ini dikarenakan masyarakat akan memilih komoditas yang tersedia dalam jumlah banyak.

Contact

+62 21 227 69 233

Jalan Terogong Raya No. 6B 

Cilandak

Jakarta Selatan 12430

Indonesia

follow US!
  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon
Center for Indonesian Policy Studies is officially registered
under the name Yayasan Cipta Sentosa 

© 2019 Center for Indonesian Policy Studies