• Admin

Ciptakan Lapangan Kerja, Pemerintah Harus Jeli Lihat Peluang Industri

SIARAN PERS

Kontak Media: 08111088100 (Vera)


6 Juli 2018 – JAKARTA, Pemerintah harus cermat dalam melihat peluang industri dalam kaitannya untuk menciptakan lapangan kerja. Kalau ada potensi pada suatu industri tertentu, pemerintah sebaiknya langsung memberikan dukungan dalam bentuk bantuan permodalan atau pembangunan infrastruktur yang mendukung tumbuhnya industri tersebut.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Imelda Freddy mengatakan, pengamatan peluang industri ini tidak bisa dilepaskan dari peran pemerintah daerah. Pemerintah daerah justru diharapkan bisa memetakan potensi-potensi pengembangan industri di daerahnya supaya bantuan bisa diterima oleh industri yang berkembang dan mampu menyediakan lapangan kerja bagi orang banyak.


“Selain pemetaan potensi industri, pemerintah pusat dan daerah juga harus mendukung para wirausahawan melalui kemudaan izin untuk mendaftarakan usaha mereka secara legal. Hal ini penting karena dengan mendaftarkan usahanya maka pengusaha dapat mendapatkan pinjaman modal atau kredit untuk mengembangkan usaha sehingga dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain,” ungkapnya.


Stabilitas keamanan dan juga ekonomi juga dibutuhkan untuk mendukung masuknya investasi ke industri potensial di Indonesia. Setelah mampu menyediakan lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja, hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah pemerintah perlu memastikan bahwa para industri tersebut dapat memberikan jaminan kesejahteraan bagi para tenaga kerjanya, tidak hanya pada gaji saja, tapi dalam masalah jaminan kesehatan/kesejahteraan dan keamanan kerja. Hal ini untuk memastikan bahwa semua tenaga kerja yang terserap terpenuhi semua haknya sehingga mereka bisa bekerja secara produktif.


Penciptaan lapangan kerja juga harus diikuti dengan tersedianya tenaga kerja yang memiliki keahlian dan kompetensi di bidangnya. Hal ini harus dimulai dengan adanya peningkatan kapasitas para guru di sekolah dan penyesuaian kurikulum yang mampu mendukung kebutuhan industri di Indonesia.


“Pemerintah tidak cukup hanya menciptakan lapangan-lapangan kerja baru. Pemerintah juga harus fokus pada para calon tenaga kerja yang akan mengisi lapangan kerja baru tersebut. Kalau tenaga kerja Indonesia tidak dipersiapkan dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan nantinya lapangan kerja di Indonesia akan diisi oleh banyak tenaga kerja asing. Hal ini harus jadi motivasi untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia,” tegas Imelda.


Untuk itu kerjasama antara instansi pemerintah harus diperkuat melalui program-program yang bertujuan meningkatkan kapasitas guru dan siswa di sekolah. Imelda menambahkan, penciptaan lapangan kerja jangan hanya dilakukan di hilir saja tapi juga harus memperbaiki hulunya.

Contact

+62 21 227 69 233

Jalan Terogong Raya No. 6B 

Cilandak

Jakarta Selatan 12430

Indonesia

follow US!
  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon
Center for Indonesian Policy Studies is officially registered
under the name Yayasan Cipta Sentosa 

© 2019 Center for Indonesian Policy Studies