• ekytriwulan7

CIPS Peringkat ke-74 dalam Global Go To Think Tank Index 2018

31 January 2019 – JAKARTA, Keberadaan Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) dalam Global Go To Think Tank Index 2018 semakin memperkuat kredibilitas CIPS sebagai lembaga kajian atau think tank di Indonesia. Dalam laporan tahun Global Go To Think Tank Index 2018, CIPS berada di peringkat 74 dari total 108 negara dalam kategori Top Think Tanks in Southeast Asia and the Pacific.


Head of External Relations CIPS Anthea Haryoko mengatakan, keberadaan CIPS dalam indeks ini diharapkan bisa memperkuat eksistensi CIPS dalam analisis kebijakan publik di Indonesia. Tujuan think tank adalah memberikan analisis dan rekomendasi terkait kebijakan publik yang akan dan sudah dirumuskan oleh pemerintah. Berbekal penelitian dan basis data yang kuat, think tank harus memberikan analisis dan rekomendasi dengan tepat, dapat dipercaya, dapat dimengerti dan disampaikan pada waktu yang tepat.


“Ada banyak kriteria yang digunakan untuk menilai kinerja sebuah think tank dalam indeks Global Go To Think Tank Index. Beberapa di antaranya adalah kemampuan untuk menjembatani dunia akademis dengan para pembuat kebijakan, kemampuan untuk menjembatani para pembuat kebijakan dengan masyarakat atau publik, kemampuan untuk menghasilkan analisis, penelitian dan alternatif kebijakan dan juga sejauh mana hasil penelitian dan rekomendasi dari think tank bisa bermanfaat untuk kegiatan publik,” jelas Anthea.


Selain itu, kemampuan mengadvokasi serta kemampuan memanfaatkan berbagai bentuk platform media (cetak, online dan elektronik) untuk mengkomunikasikan hasil riset, ide dan pemikirannya ke publik juga menjadi kriteria yang dinilai.


“Untuk itulah kami memandang peran media sangat penting dalam pekerjaan sebuah think tank. Media adalah rekan kerja bagi CIPS dan berkat media, kami bisa menyebarluaskan pemikiran dan penelitian kami yang diharapkan bisa memunculkan suara di masyarakat dan menjadi rekomendasi bagi pemerintah terkait suatu kebijakan,” terang Anthea.


Global Go To Think Tank Index adalah laporan tahunan yang dikeluarkan oleh Think Tanks and Civil Society Program (TTCSP) yang merupakan bagian dari University of Pennsylvania. Lembaga ini sudah membuat laporan ini sejak 2006 yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai peran think tank dalam pemerintah dan juga masyarakat.

Contact

+62 21 227 69 233

Jalan Terogong Raya No. 6B 

Cilandak

Jakarta Selatan 12430

Indonesia

follow US!
  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon
Center for Indonesian Policy Studies is officially registered
under the name Yayasan Cipta Sentosa 

© 2019 Center for Indonesian Policy Studies