• Admin

Cadangan Beras Bulog Efektif Kalau Didukung Data Akurat

SIARAN PERS

Kontak Media: 08111088100 (Vera)


26 September 2018 – JAKARTA, Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog akan berfungsi efektif kalau didukung dengan data yang akurat. Efektif yang dimaksud adalah idealnya CBP bisa membantu menstabilkan harga beras yang fluktuatif di pasar. Tanpa ada data yang akurat, kebijakan beras yang diambil pemerintah juga tidak akan efektif untuk menstabilkan harga.


Kepala Penelitian Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Hizkia Respatiadi mengatakan idealnya CBP juga harus didukung oleh sistem pencatatan data yang akurat, yang mana sejauh ini selalu menjadi persoalan. CBP juga seharusnya terintegrasi dengan komitmen Indonesia pada ASEAN Plus Three Emergency Rice Reserves (APTERR) di mana cadangan beras jangan hanya difokuskan pada masing-masing negara, melainkan harus difokuskan pada sistem kawasan Asia Tenggara.


“Permasalahan beras di Indonesia seharusnya bisa dilihat sangat jelas dari harganya. Harga beras adalah cerminan supply dan demand di pasar. Dengan melihat pergerakan harga, seharusnya keputusan untuk mendistribusikan beras CBP dan mengimpor bisa dilakukan tanpa menunggu harga tinggi,” jelas Hizkia.


Untuk menjaga jumlah persediaan dan mengkontrol harga, pemerintah dapat memenuhi kebutuhan melalui mekanisme impor tanpa harus mengendapkannya dalam bentuk cadangan dalam jumlah besar.


“Saat kita berbicara mengenai stok beras, kita harus melihat harga di pasar karena harga mencerminkan supply dan demand di masyarakat. Kalaupun Bulog mau melakukan pencadangan beras, hal itu tidak bijaksana kalau dilakukan per negara. Indonesia harus mulai melihat pencadangan beras berdasarkan Kawasan dengan menggunakan skem perjanjian APTERR yang sudah disepakati oleh negara-negara ASEAN dan Jepang, China dan Korea Selatan,” ungkapnya.


Cadangan Beras digunakan rangka mengantisipasi masalah kekurangan pangan, gejolak harga, keadaan darurat akibat bencana dan kerawanan pangan serta memenuhi kesepakatan APTERR. Tapi pada kenyataannya, Bulog tidak cukup mampu menentukan waktu yang tepat dilakukan penyaluran beras di pasar sampai akhirnya harga beras benar-benar tinggi.

Contact

+62 21 227 69 233

Jalan Terogong Raya No. 6B 

Cilandak

Jakarta Selatan 12430

Indonesia

follow US!
  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon
Center for Indonesian Policy Studies is officially registered
under the name Yayasan Cipta Sentosa 

© 2019 Center for Indonesian Policy Studies