CIPS mempelajari kuantitas dan kualitas dari sekolah swasta berbiaya rendah dan apakah mereka jauh lebih akuntabel (terukur) sesuai dengan permintaan orang tua dari pada sekolah negeri. Sekolah-sekolah ini dibentuk dari inisiatif komunitas dan mengenakan biaya rendah agar bisa dijangkau oleh keluarga miskin.

 

Permasalahan terkait sekolah swasta berbiaya rendah ada di seluruh dunia. Berdasarkan keterangan dari Bank Dunia, sebanyak seperlima dari siswa SD mendaftar di sekolah swasta di negara-negara berkembang. Jumlah ini merupakan yang terbanyak kedua di Indonesia.

 

Berasarkan temuan-temuan, CIPS membuat rekomendasi kebijakan yang bertujuan memfasilitasi investasi swasta di sektor Pendidikan.

Peta Sekolah Swasta Berbiaya Rendah - Lokasi Terbaru di Riau

Salah satu tema kajian dari Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) berfokus pada sekolah swasta berbiaya rendah atau murah dan perannya dalam menyediakan akses pendidikan bagi warga pra-sejahtera di Indonesia.  Sebagai bagian dari studi ini, CIPS telah melakukan survei terhadap sekolah-sekolah swasta berbiaya rendah di Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Pekanbaru dan Siak di Riau. Sekolah-sekolah yang tersurvei adalah sekolah-sekolah swasta yang memungut iuran bulanan kurang dari Rp300.000, dan sebagian di antaranya memberikan berbagai keringanan biaya bagi para siswanya.

Peta ini menunjukkan lokasi sekolah-sekolah swasta berbiaya rendah yang telah disurvei oleh CIPS. Kedepannya, peta ini akan memuat lebih banyak lagi lokasi sekolah-sekolah swasta berbiaya rendah lainnya yang terdapat di berbagai wilayah di Indonesia.

Petunjuk penggunaan peta:

1. Klik tanda ">>" di pojok kiri atas peta untuk memilih jenjang sekolah yang ingin ditampilkan.

2. Klik tanda "+" untuk memperbesar atau "-" untuk memperkecil tampilan peta.

3. Klik ikon "lingkaran", "kotak" atau "bintang" yang ada di peta untuk menampilkan informasi tentang sekolah.

Contact

+62 21 227 69 233

Jalan Terogong Raya No. 6B 

Cilandak

Jakarta Selatan 12430

Indonesia

follow
  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon
Center for Indonesian Policy Studies is officially registered
under the name Yayasan Cipta Sentosa 

© 2019 Center for Indonesian Policy Studies