Thu, Jan 21 | Zoom & YouTube

Seri Ekonomi Digital: Bagaimana Koregulasi dapat Menciptakan Ekosistem Ekonomi Digital yang Inklusif dan Aman?

Registration is Closed
Seri Ekonomi Digital: Bagaimana Koregulasi dapat Menciptakan Ekosistem Ekonomi Digital yang Inklusif dan Aman?

Time & Location

Jan 21, 2:30 PM
Zoom & YouTube

About the Event

Melihat ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi perkembangan yang cukup tinggi terutama pada masa pemulihan ekonomi, CIPS hadir dengan webinar Seri Ekonomi Digital; sebuah rangkaian webinar berseri untuk mendukung perkembangan industri ekonomi digital yang inklusif.

Dalam webinar Seri Ekonomi Digital yang pertama, CIPS akan meluncurkan makalah publikasi kebijakan dengan judul Pengaturan Bersama Ekonomi Digital Indonesia yang menganalisa mekanisme pembuat kebijakan dalam menciptakan ekonomi digital yang fleksibel, adaptif, dan inklusif.

Berdasarkan riset Davis et al. pada tahun 2019, Indonesia merupakan negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN dengan nilai sebesar USD 100 Miliar. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat terutama dengan semakin berkembangnya inovasi teknologi di Indonesia yang terus menyediakan layanan yang memudahkan kegiatan sehari-hari.

Namun, seiring dengan pesatnya perkembangan ekonomi digital di Indonesia, pemerintah juga harus bisa membuat kebijakan terbaharui seiring dengan alur pergerakan ekonomi digital yang cepat.  Dengan lanskap ekonomi digital yang sering berubah dan dinamis, bagaimana cara pemerintah dapat membuat kebijakan yang inklusif dan terpercaya?

Tonton rekaman ulangannya di sini

Materi narasumber:

  1. Siti Alifah Dina – Peneliti Center for Indonesian Policy Studies - Unduh
  2. Mariam F. Barata - Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika - Unduh
  3. Budi Primawan, Wakil Ketua Umum idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia) - Unduh

Moderator: Pingkan Audrine - Peneliti Center for Indonesian Policy Studies

Registration is Closed

Share This Event