Thu, Aug 19 | Zoom Webinar & YouTube

Memajukan Kesejahteraan Petani Tanaman Pangan dan Hortikultura

Registration is Closed
Memajukan Kesejahteraan Petani Tanaman Pangan dan Hortikultura

Time & Location

Aug 19, 10:30 AM GMT+7
Zoom Webinar & YouTube

About the Event

Didukung oleh Friedrich Naumann Foundation (FNF) Indonesia dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) akan menyelenggarakan diskusi yang membahas kesejahteraan petani dan hak atas pangan melalui kebijakan yang mendukung peningkatan produktivitas tanaman pangan dan hortikultura domestik.

Sepanjang 2014-2019 produktivitas beberapa komoditas pangan strategis di Indonesia cenderung stagnan. Pandemi yang terjadi saat ini juga menjadi  hambatan bagi petani dalam membudidayakan tanaman pangan. Hasilnya, harga pangan di pasar cenderung fluktuatif sehingga sulit dijangkau masyarakat miskin. Padahal, saat ini pendapatan masyarakat semakin berkurang akibat dari pandemi. Tak hanya itu, banyak petani Indonesia yang juga tergolong masyarakat pra-sejahtera.

Berdasarkan riset terbaru CIPS, mekanisasi pertanian dan penggunaan benih hibrida dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Produktivitas padi naik sebanyak 16 persen akibat dari mekanisasi pertanian, sedangkan komoditas jagung naik rata-rata 1 kuintal per hektar per tahun setelah penggunaan benih hibrida selama 5 tahun (2014-2019). Oleh karena itu, mengacu pada riset ini, kesejahteraan petani tanaman pangan dan hortikultura dapat ditingkatkan dengan peningkatan produktivitas melalui modernisasi teknologi dan membuka akses petani kepada sarana produksi pertanian.

Hadiri diskusinya pada:

Hari/Tanggal:  Kamis, 19 Agustus 2021

Waktu: 10.30 - 12.00

Platform: Youtube dan Zoom Webinar

Pembicara:

  1. Aditya Alta - Peneliti Center for Indonesian Policy Studies - Materi
  2. Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc - Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian Republik Indonesia - Materi

Moderator: Arumdriya Murwani - Peneliti Muda, CIPS

Registration is Closed

Share This Event