Tue, Sep 15 | Zoom and YouTube

Bagaimana Cara Menciptakan Ekosistem Industri Pangan yang Aman Pada Jasa Layanan Antar Daring?

Registration is Closed
Bagaimana Cara Menciptakan Ekosistem Industri Pangan yang Aman Pada Jasa Layanan Antar Daring?

Time & Location

Sep 15, 2020, 10:30 AM
Zoom and YouTube

About the Event

Materi:

  • Felippa Amanta, Head of Research, Center for Indonesian Policy Studies - Unduh
  • Rosel Lavina, VP Corporate Affairs Gojek - Food Ecosystem - Unduh
  • Chairun Nissa - Kasubdit Inspeksi Pangan Steril Komersial - Unduh

Tonton rekaman acaranya di sini.

Data dari Mckinsey (2020) mengungkap bahwa 34% konsumen yang mereka survei lebih banyak memesan pengantaran makanan daring sejak pandemi Covid-19. Akan tetapi, tidak sedikit dari para konsumen merasa khawatir terhadap keamanan pangan yang dipesan karena tidak dapat melihat proses pembuatan makanan sebelum sampai ke meja makan mereka.

Di Indonesia, beberapa peraturan telah dirancang oleh pemerintah agar dapat mengatur keamanan pangan dari ladang hingga ke kebun. Beberapa diantaranya adalah pengaturan mengenai keamanan pangan dalam UU No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, serta Peraturan Pemerintah No. 86 Tahun 2019 tentang Keamanan Pangan, dan yang terbaru adalah peraturan untuk makanan yang dijual secara daring baru diatur dalam Peraturan BPOM Nomor 8 Tahun 2020. Namun, peraturan-peraturan yang bertujuan menjaga keamanan pangan masih belum dapat terlaksana secara efektif terutama pada proses sertifikasi serta pengawasan keamanan pangan.

Lantas, bagaimana cara menciptakan ekosistem industri pangan yang lebih aman pada jasa layanan antar daring? Hadiri diskusi Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) bersama Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH untuk membahas diskusi tersebut dengan detail berikut:

Waktu dan Tanggal:

Tanggal: Selasa, 15 September 2020

Pukul: 10:30-12:00 WIB

Moderator: Siti Alifah Dina - Peneliti CIPS

Registration is Closed

Share This Event